Food Safety Auditor adalah salah satu parameter penting dalam menunjang keberhasilan implementasi sistem keamanan pangan yang berjalan secara efektif dan efisien. Kegiatan audit merupakan salah satu bentuk verifikasi sistem manajemen yang harus dijalankan oleh top manajemen untuk mengukur dan mengevaluasi efektivitas implementasi sebuah sistem manajemen. Audit harus dilakukan secara periodik agar dapat dilakukan analisa berdasarkan hasil audit, mengenai konsistensi dan peningkatan sistem yang terus dilakukan berdasarkan peluang atau risiko yang ditemukan selama kegiatan audit berlangsung.

Melalui training ini maka peserta akan diberikan metode dan teknik audit yang baik dan juga akan dibekali dengan alat bantu audit berupa daftar periksa audit yang sudah mencantumkan parameter kritikal dari segala aspek terkait food safety dengan secara lebih spesifik dengan sistem skor sehingga hasil audit akan dapat dianalisa baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Parameter yang diidentifikasi mengadopsi food safety management internasional yang banyak diterapkan di kelompok utama industri makanan dunia. Sehingga audit untuk mengidentifikasi kesesuaian implementasi dapat dilakukan secara efektif, efisien dan improvement (peningkatan) food safety management dapat dilakukan secara terus menerus secara konsisten.

Training Pengelolaan Wilayah Pesisir Terpadu akan dilaksanakan pada 15-17 September 2015 bertempat di IPB Science Park Taman Kencana, Bogor. Training ini bertujuan agar peserta dapat menjadi auditor profesional di bidang keamanan pangan dan memahami parameter kritikal saat melakukan audit.

Peserta yang direkomendasikan untuk mengikuti training ini diantaranya:

  1. Auditor internal
  2. QA atau QC
  3. Management Representative
  4. Food safety team

Pengajar yang akan memfasilitasi training ini diantaranya adalah:

Ahmad Setiawan, SE MM
Praktisi Food Safety, HACCP Lead Auditor, ISO 22000 Lead Auditor, Auditor GMP

Arief Zakaria
Pest Control Spesialist, Auditor HACCP, Auditor FSSC

Topik training akan disampaikan dengan metode presentasi (50%) juga praktek dan simulasi ( 30%) serta diskusi (20%). Adapun topik yang akan dibahas pada training ini adalah:

  • Good Manufacturing Practices
  • Sanitation Standard Operating Procedures
  • Food Safety System (HACCP)
  • Food Security and Food Protection

Investasi untuk mengikuti training ini adalah sebesar Rp 4.000.000,00 (tanpa penginapan) dan Rp 5.500.000,00 (dengan penginapan). Fasilitas yang diperoleh diantaranya: sertifikat, makan siang, coffee break, modul pelatihan,training kit untuk paket tanpa penginapan. Sedangkan peserta dengan paket penginapan akan memperoleh fasilitas yang sama ditambah dengan: penginapan, transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam