Ekonometrika adalah suatu hasil yang lebih jauh mengenai peranan ekonomi, yang berisikan penggunaan statistika dan matematika pada ilmu ekonomi yang secara empiric ditunjang dengan model yang dibentuk melalui matematika dan statistika ekonomi untuk mendapatkan hasil yang bersifat numerik. Ekonometrika dapat didefinisikan sebagai analisis kuantitatif dalam fenomena ekonomi berdasarkan pada pengembangan teori yang dibantu oleh data observasi serta hubungannya dengan metode inferensialnya.  Ekonometrika dapat juga didefinisikan sebagai ilmu social yang mempergunakan teori teori ekonomi, matematika, dan statistika dalam penafsiran serta sebagai alat yang dipakai untuk menganalisis fenomena ekonomi.

Ketersediaan perangkat lunak seperti E-Views dan Stata for windows, penerapan model ekonometrika dalam riset di bidang ekonomi semakin terbuka baik untuk kalangan mahasiswa, dosen maupun peneliti. Aplikasi ekonometrika ini umumnya digunakan untuk mengolah data untuk meramalkan atau mengevaluasi suatu kondisi yang dijadikan model sehingga mendapatkan output berupa gambaran langakah atau kebijakan yang harus diambil seusai interpretasi data.

Dengan latar belakang ini, IICT akan menyelenggarakan program pelatihan “Ekonometrika untuk Time Series dan Data Panel” pada tanggal 25-27 Februari 2016 di IPB Science Park Taman Kencana dengan tujuan utama berupa peserta mampu mengaplikasikan model ekonometrika untuk data time-series dan data panel dengan mengunakan perangkat lunak seperti Eviews atau Stata. Sehingga peserta dapat mengaplikasikan model dan data yang dimiliki serta mengambil kebijakan dari diperolehnya data tersebut.

 

Adapun topik-topik yang akan dibahas antara lain
1. Analisis Univariate Time-Series Data: ARIMA, ARCH-GARCH
2. Analisis Multivariate Time-Series Data: VAR, VECM
3. Analisis Data Panel: Data Panel Statis dan Data Panel Dinamis

Pelatihan ini akan difasilitasi oleh para trainer pakar perkebunan dan praktisi seperti
Prof. Dr. Muhammad Firdaus (Pakar Ekonometrika dan Ekonomi Regional)
Dr. Sahara (Pakar Supply Chain, Ekonometrika)
Dr. Amzul Rifin (Pakar Perdagangan Internasional dan Metode Kuantitatif)

Peserta yang disarankan mengikuti pelatihan ini diantaranya
– Personel peneliti di Lembaga Pemerintahan (Kementerian, pemerintah daerah dan lembaga penelitian),
– Personel pada swasta (perbankan, lembaga konsultan),
– Akademisi pada perguruan tinggi (mahasiswa dan atau dosen).

Metode
Presentasi dan Diskusi : 50%
Simulasi dan Praktek : 50%

 

Investasi
Standar IDR 3.000.000
Residential IDR 4.500.000

harga khusus untuk mahasiswa dapat diperoleh dengan menghubungi narahubung

Fasilitas
Standar: Sertifikat, makan siang, coffee break, modul training, training kit
Residential: memperoleh fasilitas yang sama dengan paket standar dengan tambahan penginapan, transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam