Pendekatan model ekonomi keseimbangan umum telah digunakan untuk melakukan analisis perubahan kebijakan ekonomi makro maupun sektoral di berbagai negara. Pengembangan model ekonomi keseimbangan umum juga telah digunakan untuk menganalisis hal-hal yang berkaitan dengan perdagangan internasional. Model ekonomi keseimbangan umum menyediakan mekanisme untuk menganalisis dampak kebijakan perdagangan suatu negara dan dampak liberalisasi oleh kelompok negara. Model ekonomi keseimbangan umum juga dapat digunakan untuk menyimulasi dampak dari kebijakan perdagangan dan dampak perubahan ekonomi dari berbagai paket kebijakan pemerintah.

Model GTAP merupakan model komparatif statik sehingga perubahan persentase yang dihasilkan dalam model menggambarkan perubahan yang terjadi sebelum dan setelah kebijakan. Model GTAP adalah model standar dilakukan oleh banyak negara dan banyak komoditas dengan mengaplikasikan model ekonomi keseimbangan umum. Model CGE dapat mengidentifikasi, menyimulasi, dan menganalisis dampak dari penerapan suatu kebijakan terhadap kondisi ekonomi di level makro maupun sektoral dengan landasan struktural mikroekonomi.

 IICT menyelenggarakan pelatihan “Training Aplikasi Model Keseimbangan Umum Perdagangan Internasional (Global Trade Analysis Project) dan “Training Aplikasi Model Ekonomi Keseimbangan Umum (Computable General Equilibrium) Untuk Kebijakan Ekonomi Nasional dan Regional” pada tanggal 2 – 4 November 2015 di IPB Science Park Taman Kencana. Tujuan dari training ini adalah peserta dapat merencanakan dan mengevaluasi kebijakan ekonomi (tingkat internasional, nasional atau wilayah) dengan menggunakan model ekonomi keseimbangan umum.

poster

Peserta yang disarankan mengikuti training ini:

1 Personel Peneliti di lembaga pemerintahan (kementerian dan pemerintah daerah)

2 personel pada perusahaan swasta (perbankan, lembaga konsultan)

3 akademisi pada perguruan tinggi (mahasiswa dan atau dosen)

Pengajar yang akan memfasilitasi training ini diantaranya adalah:

Prof Rina Oktaviani

Prof Noer Azam Achsani

Dr Sahara

Dr Eka Puspitawati

Widyastutik, MSi

Syarifah Amaliah, MSc

Topik training akan disampaikan dengan metode teori (30%), praktek dengan menggunakan software, GEMPACK dan GTAP/CGE (50%), membuat small project (10%) dan presentasi oleh peserta pelatihan (10%)

Adapun topik yang akan dibahas pada training ini adalah:

  1. Analisis Input Output (IO) dan Sistem Neraca Sosial Ekonomi (Social Accounting Matrix)
  2. Model keseimbangan umum Indonesia (Computable General Equilibrium) / Model keseimbangan umum internasional – Global Trade Analysis Project (GTAP)

Investasi untuk mengikuti training ini adalah sebesar Rp 4.000.000,00 (tanpa penginapan) dan Rp 5.500.000,00 (dengan penginapan). Fasilitas yang diperoleh diantaranya: sertifikat, makan siang, coffee break, modul pelatihan,training kit untuk paket tanpa penginapan. Sedangkan peserta dengan paket penginapan akan memperoleh fasilitas yang sama ditambah dengan: penginapan (twin-shared), transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam.