Kenikmatan sekaligus kekhawatiran terbesar ada pada makanan. Ungkapan ini mungkin benar adanya. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari tentu harapannya tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan atau menghilangkan rasa lapar. Namun, lebih dari itu makanan menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Sayangnya, bila diabaikan aspek keamanannya, makanan bisa mengundang bahaya bagi tubuh. Sudah banyak beredar kasus keracunan pangan akibat mengonsumsi makanan yang tidak aman, bahkan menimbulkan korban jiwa karena terkontaminasi oleh bakteri.

Dewasa ini, masyarakat semakin mengerti akan pentingnya pemilihan pangan yang aman untuk dikonsumsi. Bagi para pelaku produsen pangan, hal ini tentu menjadi perhatian utama. Makanan atau minuman yang dihasilkan harus dipastikan aman dikonsumsi oleh konsumen. Bila aspek keamanan pangan terabaikan, tentu tidak hanya konsumen, produsen pun akan mengalami kerugian. Salah satu standar yang sudah luas dikenal untuk menjamin keamanan pangan adalah HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point).

Untuk itu, IICT mengajak para pelaku produsen pangan dalam hal ini hotel, restoran, katering dan kafe untuk bersama-sama menciptakan kesehatan masyarakat yang prima melalui penyediaan makanan dan minuman yang aman, dengan mengikuti pelatihan “Penerapan dan Evaluasi HACCP pada Industri HORECA” yang akan diselenggarakan pada 6-8 Agustus 2015 di IPB Science Park, Taman Kencana, Bogor.

Publikasi HORECA AGUST A3

Pelatihan ini bertujuan agar peserta memahami dan mampu menerapkan konsep HACCP pada industri HORECA. Pelatihan didampingi oleh fasilitator yang telah lama berpengalaman dalam bidang standardisasi keamanan pangan, seperti :

  1. Dr. Ahmad Sulaeman, MS (Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat IPB, Pakar keamanan pangan dan gizi serta pakar bidang legislasi pangan)
  2. Ikeu Ekayanti MKes (Ahli Sanitasi dan Hygiene)
  3. Eny Palupi, PhD (Ahli Teknologi dan Pangan Organik)
  4. Heru Sumaryanto, MS (Ahli Pengolahan Produk Perikanan dan Seafood)

Adapun topik-topik yang akan dibahas, antara lain:

  1. Pre-requisite program (PRP) HACCP: SSOP dan GMP
  2. Kebijakan pemerintah tentang HACCP pada bidang HORECA
  3. Food Safety Management System
  4. Prinsip HACCP
  5. Penyusunan HACCP plan/RJMP
  6. Pendekatan proses dalam Penerapan HACCP pada Industri HORECA

Peserta yang disarankan untuk mengikuti pelatihan ini diantaranya

  1. Bagian Quality Control (QC) / Quality Assurance (QA) hotel, restoran, catering dan café
  2. Bagian Human Resource Development (HRD) hotel, restoran, catering dan café
  3. Manager dan staf bagian food and beverages hotel
  4. Manajer dan staf produksi (sanitarian) restoran, catering dan café
  5. Akademisi (dosen, peneliti, mahasiswa) bidang keamanan pangan
  6. Perorangan yang berkeinginan memiliki kompetensi bidang keamanan pangan

Metode
Presentasi : 45 %
Simulasi dan Praktek : 25 %

Diskusi 30 %

Investasi
Standar IDR 4.000.000
Residential IDR 5.500.000

Fasilitas
Standar: Sertifikat, makan siang, coffee break, modul training, training kit
Residential: memperoleh fasilitas yang sama dengan paket standar dengan tambahan penginapan, transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam