Organisme pengganggu tanaman (meliputi hama dan penyakit) merupakan salah satu aspek penting dalam proses budidaya perkebunan tembakau, mulai dari pembibitan hingga pasca panen. Tembakau yang merupakan komoditas ekonomis membuatnya sangat diperhatikan dari serangan OPT. Berbagai teknik pengendalian telah dilakukan sebagai upaya menekan serangan OPT. Hanya saja untuk memaksimalkan pengendalian diperlukan pemahaman yang holistik terhadap bioekologi OPT, lingkungan serta berbagai faktor lain yang memegang peranan dalam serangan serangga hama maupun penyakit.

Melihat kondisi demikian, Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui IPB Internasional Certified Training (ipbtraining.com) menawarkan solusi melalui program WORKSHOP PENGENDALIAN OPT TEMBAKAU yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2017 bertempat di IPB Science Techno Park Taman Kencana, Bogor. Tujuan workshop ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengelola OPT tanaman tembakau secara terpadu.

Peserta yang direkomendasikan untuk mengikuti workshop ini diantaranya:

  • Asisten (sinder) kebun, mandor, petugas hama, penyakit dan budidaya, serta bagian research and development perkebunan tembakau (swasta & BUMN)
  • Pemerintah daerah (dinas perkebunan daerah, penyuluh OPT perkebunan)
  • Akademisi (mahasiswa dan dosen) serta peneliti pada balai penelitian
  • Bagian research and development perusahaan produsen pestisida pada tanaman tembakau

Trainer yang akan memfasilitasi workshop ini diantaranya adalah:

  • Dr Abdjad Asih Nawangsih (Pakar penyakit tanaman)
  • Dr Idham Sakti Hrp (Pakar stored – product dan urban entomology)
  • Dr Ruly Anwar (Pakar hama tanaman)
  • DrSuryo Wiyono (Klinik tanaman IPB)

Topik workshop akan disampaikan dengan metode presentasi dan diskusi (75%) juga praktek dan simulasi (25%). Adapun topik yang akan dibahas pada workshop ini adalah:

  • Bioekologi OPT penting pada tembakau (Thrips, virus dan layu bakteri)
  • Pengendalian OPT  terpadu (berdasarkan hasil riset)
  • Pengendalian OPT pasca panen tembakau (lasioderma dan cercospora)

Investasi untuk mengikuti workshop ini adalah sebesar Rp 1.000.000,00 (tanpa penginapan) dan Rp 1.500.000,00 (dengan penginapan). Fasilitas yang diperoleh diantaranya: modul pelatihan, sertifikat, makan siang, coffee breaktraining kit untuk paket tanpa penginapan. Sedangkan peserta dengan paket penginapan akan memperoleh fasilitas yang sama ditambah dengan: penginapan, transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam

#institutpertanianbogor #ipbtraining #hamatembakau #penyakittembakau #pestisida #pestcontrol #pengendalianhama #hamaperkebunan #pestisida #thripstembakau #virustembakau #layubakteritembakau #cercosporatembakau #lasioderma #pengendalianhamaterpadu