Hama pada peternakan sudah sejak lama dikenal menjadi masalah dalam usaha yang dilakukan para peternak baik unggas maupun hewan ruminansia. Berbagai jenis kutu, tikus dan hama lainnya dipercaya bukan hanya dapat menurunkan kualitas hewan ternak namun juga memungkinkan terjadinya kematian pada hewan yang diternakkan tersebut. Sehingga kondisi ini secara langsung maupun tidak langsung akan berpotensi menghadirkan kerugian bagi para pengusaha peternakan. Oleh karenanya diperlukan serangkaian proses inspeksi, monitoring dan evaluasi sebagai upaya pengendalian hama pada peternakan.

Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui IPB International Certified Training (ipbtraining.com) akan menyelenggarakan  TRAINING PENGENDALIAN HAMA PADA PETERNAKAN sebagai upaya aktif menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki keahlian untuk pengendalian hama pada peternakan. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada 26-28 Juli 2017 bertempat di IPB Science Techno Park Taman Kencana, Bogor. Training ini bertujuan agar peserta mampu merencanakan serta melaksanakan pengendalian hama pada peternakan dengan tepat.

Peserta yang direkomendasikan untuk mengikuti training ini diantaranya:

  • Para pelaksana pengendalian hama permukiman (pest controler) dan fumigator
  • Pelaksana sanitasi dan pengendalian hama serta pelaksana pengelolaan kesehatan lingkungan pada peternakan
  • Bagian pemasar pada produsen dan distributor pestisida permukiman
  • Staf teknis industri pestisida

Trainer yang akan memfasilitasi training ini diantaranya adalah:

  • Indrosancoyo Adi Wirawan MM (Ahli pestisida permukiman)
  • Ir M Rivai (Ahli hama gudang)
  • Dr Ir Swastiko Priyambodo (Ahli rodensia)
  • Prof Drh Upik Kesumawati PhD (Ahli entomologi kesehatan)

Topik training akan disampaikan dengan metode presentasi dan diskusi (75%) juga praktek dan simulasi (25%). Adapun topik yang akan dibahas pada training ini adalah:

  • Bioekologi dan pengendalian serangga pengganggu di peternakan (lalat, nyamuk, kecoa, kutu franky, agas, tungau, kutu busuk, kutu bulu, pinjal, tikus dan hama gudang)
  • Jenis, formulasi dan aplikasi pestisida untuk pengendalian hama peternakan
  • Metode surveilans (inspeksi, monitoring dan evaluasi)
  • Praktikum pengenalan spesimen

Investasi untuk mengikuti training ini adalah sebesar Rp 4.000.000,00 (tanpa penginapan) dan Rp 5.500.000,00 (dengan penginapan). Fasilitas yang diperoleh diantaranya: modul pelatihan, sertifikat, makan siang, coffee breaktraining kit untuk paket tanpa penginapan. Sedangkan peserta dengan paket penginapan akan memperoleh fasilitas yang sama ditambah dengan: penginapan, transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam

#institutpertanianbogor #ipbtraining #hamapermukiman #pestcontrol #pengendalianhama #hamapeternakan #pengendaliannyamuk #pengendalianlalat #pengendaliankecoa #pengendaliantikus #pengendalianrayap #pengendalianhamagudang #pengendaliankutufranky #pengendalianagas #pengendaliantungau #pengendaliankutubusuk #pengendaliankutubulu #pengendalianpinjal #insektisida #resistensihama #pengendaianhamapermukimanterpadu