Hama, penyakit dan gulma merupakan salah satu aspek penting dalam proses budidaya tanaman, mulai dari pembibitan hingga usia panen. Penggunaan pestisida di lapangan bukan lagi menjadi rahasia, pestisida dipilih para petani atau pengelola kebun karena dipandang relatif mudah untuk diaplikasikan dan dapat dilihat langsung hasilnya. Kondisi ini mengakibatkan tingginya permintaan (demand) terhadap produk-produk pestisida di lapangan. Oleh karenanya hal ini menjadi tantangan (challenge) tersendiri untuk bagian penelitian dan pengembangan (research and development) pada industri pestisida.

Pengujian pestisida di laboratorium merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penelitian dan pengembangan produk pestisida. Untuk menghasilkan pestisida yang efektif dengan dosis yang efisien serta menjaga prinsip bertanggungjawab terhadap kelestarian lingkungan maka diperlukan pengujian yang kredibel. Dengan latar belakang tersebut Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui IPB International Certified Training (ipbtraining.com) akan menyelenggarakan TRAINING METODE DAN ANALISIS DATA PENGUJIAN INSEKTISIDA DI LABORATORIUM pada tanggal 26-28 April 2017 bertempat di IPB Science Techno Park Taman Kencana, Bogor. Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pengujian pestisida sebagai rangkaian proses penelitian dan pengembangan produk pestisida yang bertanggungjawab.

Peserta yang direkomendasikan untuk mengikuti training ini diantaranya:

  • Staf teknis industri pestisida
  • Bagian riset dan pengembangan produk-produk insektisida
  • Para peneliti dan praktisi pengujian pestisida

Trainer yang akan memfasilitasi training ini diantaranya adalah:

  • Dr Ali Nurmansyah (Ahli statistika dan monitoring hama)
    Prof Dr Dadang (Guru besar Proteksi Tanaman IPB)
    Djoko Prijono MAgrSc (Ahli pengujian pestisida)

Topik training akan disampaikan dengan metode presentasi dan diskusi (75%) juga praktek dan simulasi (25%). Adapun topik yang akan dibahas pada training ini adalah:

  • Teori pengujian pestisida
  • Teknik bioassay insektisida
  • Teknik pengujian invitro
  • Teknik pengujian invivo
  • Teknik pengujian lapangan
  • Pengamatan dan diskusi
  • Analisis data

Investasi untuk mengikuti training ini adalah sebesar Rp 4.000.000,00 (tanpa penginapan) dan Rp 5.500.000,00 (dengan penginapan). Fasilitas yang diperoleh diantaranya: modul pelatihan, sertifikat, makan siang, coffee breaktraining kit untuk paket tanpa penginapan. Sedangkan peserta dengan paket penginapan akan memperoleh fasilitas yang sama ditambah dengan: penginapan, transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam

#institutpertanianbogor #trainingpestisida #RnDpestisida #ipbtraining #litbangpestisida#trainingpengujianpestisida #bioassaypestisida #pengujianinvitro #pengujianinvivo #analisisdatapestisida #gulma #hamatanaman #penyakittanaman #pestisida #pestcontrol #pengendalianhama #hamaperkebunan #hamapertanian #hamahortikultura