Bioinformatika (bioinformatics) adalah ilmu yang mempelajari penerapan teknik komputasional untuk mengelola dan menganalisis informasi biologis. Bidang ini mencakup penerapan metode-metode matematika, statistika, informatika, fisika, biologi, dan ilmu kedokteran untuk memecahkan masalah-masalah biologis, terutama dengan menggunakan sekuens DNA dan asam amino serta informasi yang berkaitan dengannya. Penerapan bioinformatika dalam bidang biomedis sangat diperlukan untuk mengefisienkan bahan uji serta mengoptimalkan metode penelitian yang digunakan.

Topik yang akan menjadi bahasan utama dalam training adalah pengantar bioinformatika, biologi molekuler dasar, database bioinformatika, teknik dan desain PCR, sekuens DNA , penyejajaran sekuens, phylogenetic tree, pengenalan pemodelan protein dan perakitan serta konsep analisis teknik molekular.

Pusat Studi Satwa Primata bekerjasama dengan IICT menyelenggarakan pelatihanBasic Training on Bioinformatics Use in Biomedical Research” pada tanggal 22-23 Agustus 2017 di IPB Science Park Taman Kencana. Tujuan dari training ini adalah peserta dapat mengaplikasikan bioinformatika dasar sebagai pendekatan penelitian biomedis.

Peserta yang disarankan mengikuti pelatihan ini:

  1. Peneliti/ Pengajar di Bidang Biomedis
  2. Peneliti/ Pengajar di Bidang Teknik Molekular
  3. Mahasiswa di Bidang Biomedis
  4. Mahasiswa di Bidang Teknik Molekular

Pengajar yang akan memfasilitasi training ini diantaranya adalah:

Drh Fitriya Nur Annisa Dewi PhD
DR Uus Saepulloh, SSi, MSi

Topik training akan disampaikan dengan metode presentasi (45%) juga praktek dan simulasi ( 25%) serta diskusi (30%). Adapun topik yang akan dibahas pada training ini adalah:

  • Introduction to bioinformatics
  • Review on basic molecular biology (DNA, RNA, Protein, SNPs)
  • Bioinformatics database
  • PCR : technique overview and primer design
  • Sequencing
  • Sequence alignment
  • Phylogenetic tree
  • Introduction to Protein modeling, docking
  • The concept of pathway analysis for high throughput molecular techniques

Investasi untuk mengikuti training ini adalah sebesar Rp 4.000.000,00 (tanpa penginapan) dan Rp 5.000.000,00 (dengan penginapan). Fasilitas yang diperoleh diantaranya: sertifikat, makan siang, coffee break, modul pelatihan,training kit untuk paket tanpa penginapan. Sedangkan peserta dengan paket penginapan akan memperoleh fasilitas yang sama ditambah dengan: penginapan, transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam