Indonesia merupakan Negara agraris yang memiliki potensi besar dan sumber daya alam yang melimpah untuk produk pertanian yang berperan bagi ketahanan pangan di Indonesia. Sebagai upaya untuk meningkat kan ketahanan pangan, IPB bekerjasama dengan LAPAN meluncurkan teknologi terbaru satelit LAPAN-A3/IPB. Satelit ini bermanfaat untuk mendukung akurasi data dalam perencanaan masa tanam lahan persawahan yang akan berdampak langsung pada peningkatan ketahanan pangan sehingga dapat memantau pasokan makanan dan aplikasinya untuk keamanan pangan dunia.

Guna mendukung aktivitas tersebut, IPB International Certified Training bekerjasama dengan Pusat Pengelolaan Lingkungan Hidup IPB akan menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Penginderaan Jauh untuk Ketahanan Pangan. Penggunaan Teknologi penginderaan jauh ini dapat memberikan estimasi dan peramalan produksi padi yang sangat luas sehingga menjadi lebih efisien dan lebih akurat.

Pelatihan PEMANFAATAN TEKNOLOGI PENGINDERAAN JAUH UNTUK KETAHANAN PANGAN akan dilaksanakan pada 16-19 Mei 2017 bertempat di IPB Science Techno Park Taman Kencana, Bogor dan FIELDTRIP. Training ini bertujuan agar Peserta dapat memahami, menguasai dan mengaplikasikan teknologi penginderaan jauh untuk estimasi luas dan produksi lahan pertanian, serta monitoring dinamika perubahan lahan   Peserta yang direkomendasikan untuk mengikuti training ini diantaranya:

  • Kementerian Pertanian
  • Badan Penelitian danPengembangan/Litbang
  • Dinas Pertanian Daerah
  • Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
  • Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan

Pengajar yang akan memfasilitasi training ini diantaranya adalah:

  1. Baba Barus, Ph.D (Pakar Remote Sensing Pertanian)
  2. Mahmud A. Raimadoya, M.Sc (Pakar Radar Remote Sensing)
  3. Lilik Budi Prasetyo (Pakar Remote Sensing Kehutanan)
  4. Khursatul Munibah, Ph.D (Ahli Remote Sensing dan GIS)
  5. Yudi Setiawan, Ph.D (Ahli Spasial Lingkungan)

Topik training akan disampaikan dengan metode presentasi dan diskusi (60%) juga praktek dan simulasi (40%) . Adapun topik yang akan dibahas pada training ini adalah:

  1. Pengantar Penginderaan Jauh untuk Pertanian
  2. Sumber dan Karakteristik Data Citra Satelit
  3. Pengantar Perangkat Lunak
  4. GPS dan Training Area
  5. Pra-processiing Data Citra Satelit (Koreksi dan Enhancement)
  6. Klasifikasi Citra Satelit
  7. Pengelolaan Data Indeks Spektral
  8. Pengelolaan Data Kontur
  9. Pemanfaatan RS untuk Monitoring Perubahan Lahan
  10. Pemanfaatan RS untuk Produktivitas Lahan Pertanian

Investasi untuk mengikuti training ini adalah sebesar Rp 5.500.000 (tanpa penginapan) dan Rp 7.500.000,00 (dengan penginapan). Fasilitas yang diperoleh diantaranya:

sertifikat, makan siang, coffee break, modul pelatihan,training kit untuk paket tanpa penginapan. Sedangkan peserta dengan paket penginapan akan memperoleh fasilitas yang sama ditambah dengan: penginapan, transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam.

Informasi lebih lanjut www.ipbtraining.com dan 0251 838 2223 atau 085694350101 (ina)