Dalam penelitian, pengujian dan pendidikan yang emnggunakan hewan laboratorium seluruh pihak yang terlibat dituntut oleh publik baik nasional dan internasional untuk memastikan kesejahteraan hewan yang digunakan sebagai bentuk penghargaan atas hewan yang dikorbankan untuk kesejahteraan hidup manusia. Kode etik penggunaan hewan wajib diterapkan meliputi 3Rs dan 5Fs dengan tujuan tercapainya hasil penelitian dan engujian yang bermanfaat dan tidak bias. Beberapa regulasi standard yang mengatur kesejahteraan hewan adalah Animal Welfare Act (USDA), The Public Health Service (PHS) Policy on Humane Care and Use of Laboratory Animals, European Animal Welfare Directive, Pedoman Nasional Etik Penelitian Kesehatan (Kemenkes RI) dan Institutional Animal Care and Use Committee (IACUC). Oleh karena itu seluruh SDM yang terlibat dalam penggunaan hewan dalam Penelitian, Pengujian dan Pendidikan perlu diberikan pengetahuan khusus yang diperbaharui secara berkala demi terwujudnya kesejahteraan hewan dan memberikan hasil yang baik pula pada pengujian dan penelitian yang dilakukan.

Pusat Studi Satwa Primata bekerjasama dengan IICT menyelenggarakan pelatihan “Pelatihan Penggunaan Hewan Dalam Penelitian Biomedis untuk Peneliti, Dokter Hewan dan Paramedis” pada tanggal 26-28 September 2017 di IPB Science Park Taman Kencana.

 

Peserta yang disarankan mengikuti pelatihan ini:

Dokter Hewan, Paramedis, Peneliti, Staf KPKPHP, Staf Etik dan Akademisi yang bekerja pada unit yang menggunaan hewan laboratorium.

 

Pengajar yang akan memfasilitasi training ini diantaranya adalah:

Dr. Drh. Diah Iskandriati

Drh. Fitriya Nur Annisa Dewi, PhD

Drh. Permanawati

 

Topik training akan disampaikan dengan metode presentasi (45%) juga praktek dan simulasi ( 25%) serta diskusi (30%).

 

Adapun topik yang akan dibahas pada training ini adalah:

– Etik Overview (termasuk IACUC)

– Legislasi

– Biosafety & OHS

– Prinsip 3R: alternative

– Manajemen fasilitas (tipe fasilitas, pemeliharaan/perawatan, pengayaan lingkungan)

– Perilaku, Biologi & Fisiologi: Mencit, Tikus dan Kelinci

– Pengantar hewan model

– Handling & Restraint

– Pengenalan anestetikum, analgesik, euthanasia, surgery

– Overview penyakit hewan laboratorium: Mencit, Tikus dan Kelinci

– Praktikum (hands-on – 1 full day): Handling & restraint, Sample collection, Drug administration, Euthanasia

Investasi untuk mengikuti training ini adalah sebesar Rp 5.000.000,00 (tanpa penginapan) dan Rp 6.500.000,00 (dengan penginapan). Fasilitas yang diperoleh diantaranya: sertifikat, makan siang, coffee break, modul pelatihan,training kit untuk paket tanpa penginapan. Sedangkan peserta dengan paket penginapan akan memperoleh fasilitas yang sama ditambah dengan: penginapan, transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam