Adanya peraturan pemerintah yang tertuang dalam Undang Undang RI No.41 Tahun 2014 tentang peternakan dan kesejahteraan hewan merupakan salah satu landasan perlunya IACUC dibentuk dalam suatu institusi dalam menjamin tercapainya kesejahteraan hewan yang digunakan selama proses penelitian, pengujian atau pun pendidikan. Alasan IACUC diperlukan adalah untuk implementasi 5Fs dan 3Rs dalam kegiatan tersebut, selain itu adalah untuk menarik dan elancarkan kerjasama internasional antar institusi penelitian serta menjadi persyaratan penerbitan artikel penelitian pada jurnal ilmiah. Tugas tugas utama serta panduan dalam membentuk tim IACUC akan menjadi bahasan utama dalam training ini dan disertakan dengan simulasi studi kasus dalam pengambilan kebijakan oleh Tim IACUC.

 

Pusat Studi Satwa Primata bekerjasama dengan IICT menyelenggarakan pelatihan “Komisi Etik Penggunaan Hewan Dalam Penelitian, Pengujian dan Pendidikan” pada tanggal 16-17 Mei 2017 di IPB Science Park Taman Kencana.

 

Peserta yang disarankan mengikuti pelatihan ini:

Dokter Hewan, Paramedis, Peneliti, Staf KPKPHP, Staf Etik dan Akademisi yang bekerja pada unit yang menggunaan hewan laboratorium.

 

Pengajar yang akan memfasilitasi training ini diantaranya adalah:

Dr. Drh. Diah Iskandriati

Drh. Fitriya Nur Annisa Dewi, PhD

Drh. Permanawati

 

Topik training akan disampaikan dengan metode presentasi (45%) juga praktek dan simulasi ( 25%) serta diskusi (30%).

 

Adapun topik yang akan dibahas pada training ini adalah:

– Etik Overview (termasuk histori, kepentingan)

– Legislasi

– What is IACUC (komponen dan role)

– Prinsip 3R: alternative

– Manajemen fasilitas (tipe fasilitas, pemeliharaan, pengayaan lingkungan, pendataan)

– Vet Care: anestetikum, analgesik, surgery, euthanasia, EE

– Biosafety & OHS

– Protocol Review

– Semi-annual Program Evaluation and Inspection

– IACUC Scenario (Praktikum)

Investasi untuk mengikuti training ini adalah sebesar Rp 4.500.000,00 (tanpa penginapan) dan Rp 5.500.000,00 (dengan penginapan). Fasilitas yang diperoleh diantaranya: sertifikat, makan siang, coffee break, modul pelatihan,training kit untuk paket tanpa penginapan. Sedangkan peserta dengan paket penginapan akan memperoleh fasilitas yang sama ditambah dengan: penginapan, transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam.