Pola kehidupan ekonomi di Indonesia telah berkembang ke arah yang semakin kompleks. Para pelaku ekonomi atau pihak yang menangani sektor ini membutuhkan berbagai tools untuk menganalisis permasalahan yang terjadi. Selain itu, model-model ekonomi perlu ditelaah dan dikaji untuk selanjutnya diaplikasikan guna memperoleh kebijakan-kebijakan yang strategis. Ekonometrika merupakan salah satu pendekatan analisis yang lazim digunakan untuk  mengestimasi parameter ekonomi, evaluasi kebijakan dan membuat peramalan. Seringkali ekonometrika dipandang sebagai instrumen analisis yang rumit. Ekonometrika yang dimulai dengan pengembangan teori regresi memunculkan teknik-teknik baru dalam mengestimasi model time-series. Penggunaan teknik data panel semakin berkembang dengan mulai diaplikasikannya pendekatan generalized method of moments untuk model data panel Dinamis. Tujuan utama dari pelatihan ini adalah agar peserta mampu mengaplikasikan model ekonometrika untuk data time-series dan data panel dengan mengunakan perangkat lunak seperti Eviews atau Stata.

 

Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB bekerjasama dengan IICT menyelenggarakan pelatihan “Ekonometrika untuk Time Series dan Data Panel” pada tanggal 22-24 Februari 2017 dan 11-13 Oktober 2017 di IPB Science Park Taman Kencana.

 

Peserta yang disarankan mengikuti pelatihan ini:

Peneliti ataupun staf RnD perusahaan baik swasta maupun BUMN, Analis Ekonomi Perbankan, Konsultan Perekonomian, Akademisi Perguruan Tinggi Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Mahasiswa S1/S2/S3 yang sedang penelitian tugas akhir dan menggunakan tools ekonometrika, staf ahli kementerian bagian pengajian kebijakan, Bappeda, Bappenas, Staf Ahli pengkajian perekonomian.

 

Pengajar yang akan memfasilitasi training ini adalah:

Prof. Dr. Muhammad Firdaus, PhD

Dr. Tony Irawan, SE.MApp.EC

 

Topik training akan disampaikan dengan metode presentasi (45%) juga praktek dan simulasi (25%) serta diskusi (30%).

 

Adapun topik yang akan dibahas pada training ini adalah:

1 Analisis Univariate Time-Series Data: ARIMA, ARCH-GARCH

2 Analisis Multivariate Time-Series Data: VAR, VECM

3 Analisis Data Panel: Data Panel Statis dan Data Panel Dinamis

Investasi untuk mengikuti training ini adalah sebesar Rp 3.500.000,00 (tanpa penginapan) dan Rp 5.000.000,00 (dengan penginapan. Fasilitas yang diperoleh diantaranya: sertifikat, makan siang, coffee break, modul pelatihan,training kit untuk paket tanpa penginapan. Sedangkan peserta dengan paket penginapan akan memperoleh fasilitas yang sama ditambah dengan: penginapan, transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam.