Laboratorium yang bekerja dengan agen biologis merupakan lingkungan kerja unik dan spesial yang membutuhkan tingkat kewaspadaan dan ketelitian yang tinggi karena dapat menimbulkan risiko penyebaran penyakit menular kepada personil yang bekerja didalam atau disekitarnya. Pengenalan terhadap keselamatan hayati (biosafety) dan keamanan hayati (biosecurity) di Laboratorium bertujuan untuk mencegah bahan biologis berbahaya (biohazard) tidak keluar dari lingkungan kerja dan mencegah paparan kepada staf didalam atau diluar lingkungan kerja serta merupakan tindakan pengamanan untuk mencegah kehilangan, pencurian, penyalahgunaan, penyelewengan atau pelepasan secara sengaja agen pathogen.

Asosiasi Biorisiko Indonesia bekerjasama dengan IICT menyelenggarakan pelatihan “Biosafety and Biosecurity: Principles and Practices” pada tanggal 11-12 April 2017 dan 29-30 Agustus 2017 di IPB Science Park Taman Kencana.

 

Peserta yang disarankan mengikuti pelatihan ini:

Dokter Hewan, Paramedis, Peneliti, Staf KPKPHP, Staf Etik, Staf K3, Staf Laboratorium, Staf QA/QC Laboratorium dan Akademisi yang bekerja pada laboratorium yang menggunakan bahan biologis.

 

Pengajar yang akan memfasilitasi training ini adalah:

TIM Trainer Asosiasi Biorisiko Indonesia

Topik training akan disampaikan dengan metode presentasi (45%) juga praktek dan simulasi (25%) serta diskusi (30%).

 

Adapun topik yang akan dibahas pada training ini adalah:

  1. Introduction to Biosafety and Biosecurity in Laboratories
  2. Classification of Microorganism Based on Risk Group and Biocontainment
  3. Laboratory Acquired Infection (LAI) and Bioaerosol Hazard in Laboratories
  4. Work Safety in Laboratories
  5. Biological Safety Cabinet: Roles and Functions
  6. Handling and Transportation of Biological Specimen
  7. Decontamination
  8. Risk assessment
  9. Work Safety in Animal Facilities
  10. Emergency response and security in laboratories

Hands-on Practice:

  1. Risk assessment
  2. Personal hygiene (hand washing)
  3. Emergency Response (biological spill)
  4. PPE donning and dofng

 

Investasi untuk mengikuti training ini adalah sebesar Rp 3.000.000,00 (tanpa penginapan) dan Rp 4.000.000,00 (dengan penginapan), kami menyediakan harga khusus bagi Anggota Asosiasi Biorisiko Indonesia. Fasilitas yang diperoleh diantaranya: sertifikat, makan siang, coffee break, modul pelatihan,training kit untuk paket tanpa penginapan. Sedangkan peserta dengan paket penginapan akan memperoleh fasilitas yang sama ditambah dengan: penginapan, transportasi dari penginapan ke lokasi pelatihan, sarapan dan makan malam.